Kamis, 13 September 2012

oveclocking lesson

jadi lo ngaku anak komputer, tapi ga pernah baca" ato coba" masalah overclock CPU?

Entah dari mana tiba" kok kepikiran masalah OC (baca : Overclock) PC ini, sebelumnya bahas dikit dulu lah apa sih over clock tuh?.

Processor di beri fan guna mendukung Proses OC


Over Clock, secara bahasa berarti melebihi clock, clock tu apa? jam? bukan lah, dalam dunia komputer, clock merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur kecepatan kerja sebuah Processor komputer.misal nih, saya punya proessor dengan clock 2,1 Ghz, berarti dalam satu detik, processor tersebut mampu buat ngerjain data sebesar 2,1 giga dalam SATU DETIK. nah berarti over clock tuh bertujuan untuk membuat suatu processor bekerja sampai 2 atau 3 kali dari kecepatan clock asli dari Processor tersebut.

nah, mulai ada bayangan kan tentang apa sih overclock itu. berarti enak banget dong processor bisa kerja sampai 2 atau 3 kali speed aslinya? ga usah beli processor mahal" tinggal di overclock aja selesai masalah? kata siapa?. yang namanya kerja melebihi kemampuan pasti ada efek samping yang bakalan di terima donk, contoh aja kita manusia, waktu yang normal untuk bekerja misalnya 6 jam nih, semisal di harusin kerja 2 atau 3 kalinya jadi sekitar 20 jam an, cape ga? panas ga? mau di suruh kyak gitu terus? nggak kan?. begitu juga dengan overclock processor ini, Overclocking dapat berakibat kenaikan suhu drastis, turunya durable atau ketahanannya, rusaknya komponen2 lain yang tidak kuat mendukung kerja ekstra processor tersebut.

walaupun demikian, overclocking tetap merupakan hal yang menarik untuk dilakukan, dengan adanya resiko saat menjalankannya, apabila sukses akan ada kepuasan tersendiri bagi para overclockers. yang jelas dunia overclock di tahun2 belakangan ini sudah sangat terjamin, karena semakin banyaknya periferal yang mendukung kegiatan over clocking dengan harga yang semakin terjangkau.

terus seperti apa aturan" yang harus diikuti agar sukses over clocking? periferal seperti apa sih yang mendukung OC? kenapa ga maen biasa aja ga usah pake OC segala?. nah, untuk pembahasan OC yang lebih detail, akan saya bahas di lain waktu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar