Sabtu, 07 April 2012

#tutorial, Simulasi Jaringan Komputer dengan Cisco Paket Tracer

posting ini mungkin sebagai log sekaligus tutorial pertama dari saya di blog ini. mungkin banyak cacatnya ataupun kekurangannya, jadi mohon di bantu komentar pedas dan membangunnya :D.

Mungkin beberapa dari temen-temen belum paham atau bahkan blank tentang simulasi jaringan komputer sederhana dengan cisco paket tracer. software tersebut biasa digunakan untuk mensimulasikan pembuatan suatu jaringan. semisal kita punya kantor atau sekolahan yang ingin kita bangun jaringan komputernya, bisa kita simulasikan terlebih dahulu dengan cisco paket tracer ini.

sebelum memulai, yang saya gunakan dalam tutorial ini adalah sebagai berikut
- Laptop dengan OS windows 7
- Software Cisco Paket Tracer dapat di download di sini



1. Instalasi Software
dalam langkah ini tentu saya rasa tidak ada masalah ya, cukup klik next-next saja, sampai keluar tombol finish .. :D

2. Menyusun Rancangan letak jaringan yang kita inginkan
untuk mudahnya kita gunakan 3 komponen jaringan disini, yaitu :
- Router
- Switch
- PC
Terlebih dahulu kita atur agar posisi ketiga komponen diatas terlihat seperti gambar berikut, dengan cara memasukkan satu persatu device dan menghubungkannya dengan kabel yang ada (cukup gunakan kabel gambar petir/Automatic). berikut gambarnya




 setelah di susun seperti di atas (atau mungkin sesuai dengan selera temen-temen) kemudian bisa diteruskan dengan memberi nama/label pada masing-masing device, cukup klik 2 kali pada nama device, kemudian dapat di rename sesuai keinginan kita.

3. Konfigurasi IP address

setelah setting physical dari jaringan kita, langkah berikutnya adalah kita melakukan setting secara logical, dalam hal ini adalah konfigurasi IP address. hal ini cukup mudah bagi mereka yang sudah pro di bidang jaringan, bagi mereka yang belum, setelah tutorial ini pasti juga bisa jadi pro, lol. yang perlu untuk kita setting yaitu device Router dan PC, sedangkan untuk switch tidak perlu.

klik pada salah satu router, buka tab CONFIG, kemudian pilih FastEthernet0/0 atau 1/0
, maka akan muncul tampilan seperti berikut

pada kolom IP adress kita isi dengan angka 192.168.0.1, dan kolom subnet mask kita isi 255.255.255.0, jangan 248 itu sesat .. lol

setelah router 1 kita setting, pilih PC yang terhubung dengan router yang telah kita setting tadi. klik PC tersebut , pilih tab DESKTOP, kemudian pilih IP CONFIGURATION. maka akan muncul gambar seperti berikut.

 untuk IP adress pada PC, kita harus menyesuaikan dengan Router yang terhubung ke PC ini, sebagai contoh IP yang kita berikan pada router tadi yaitu 192.168.0.1 maka pada pc selain IP tersebut dengan 3 byte pertama tetap, jadi kita berikan IP 192.168.0.2 dan subnet mask 255.255.255.0, dan gateway IP adress Router yang terhubung yaitu 192.168.0.1 untuk dns bisa di kosongkan.
semua PC dan Router yang saling terhubung seluruhnya diatur seperti di atas, yang berbeda cukup IP addressnya. jangan lupa kalau 2 byte pertama tidak perlu di ubah.

Bersambung ke Bagian 2..